rihants com blue

Jumat, 17 April 2015

Resensi Non Fiksi

AL-QUR’AN KITAB KEDOKTERAN


Judul      : AL-QUR’AN KITAB KEDOKTERAN

Penulis   : Prof. Dr. Yusuf al-Hajj Ahmad

Penerbit : Sajadah_Press

Cetakan  : I, Juni2008

Tebal      : xii + 424 halaman



RINGKASAN CERITA

Terdapat 57 bab di dalam buku ini yang menginspirasi seluruh umat manusia. Bab 1 adalah Dunia Medis dalam Perspektif Islam. Dalam bab ini, penulis menyodorkan enam karakteristik pokok pengobatan Islam.

Pada bab 6 dijelaskan hidup bersih ala Nabi Saw. Nabi selalu menjaga kebersihan tangannya, Beliau senantiasa berwudhu. Anjuran yang Beliau sampaikan jauh sebelum adanya disiplin bakteriologi dan ilmu tentang penyakit lambung. Dan ini adalah sebuah aturan besar yang memperhatikan kesehatan seluruh dunia, dan tidak hanya untuk kepentingan agama saja. 3 juta manusia meninggal setiap tahun dan kita tidak mengetahuinya. Mereka mati akibat tidak menjaga kebersihan tangan, tidak mencuci tangan sebelum makan, dan tidak mengindahkan istinja’.

Bab “Wajah adalah cermin jiwa” Al-qur’an memastikan ketika sedang dilanda kesedihan, wajah manusia akan murung dan menghitam. Dalam Al-qur’an juga memaparkansatu fakta penting yaitu wajah merupakan cermin jiwa dan manusia bisa mengetahui gejolak hati seseorang hanya dengan melihat raut mukanya. Hal tersebut tertuang dalam Qs. Al-Hajj (22): 72) dan Qs. Al-Fath (48): 29).

Dalam buku ini juga diterangkan mengapa daging babi, tatto, darah, daging hewan buas, dan zina itu diharamkan. Yang jelas, itu semua diharamkan karena banyak membawa keburukan bukan manfaatnya.

Pada beberapa bab juga diterangkan teknik pengobatan suatu penyakit. Diantaranya yaitu terapi bekam, teknik pengobatan kayy, terapi kompres, terapi bisa lebah. Dalam terapi bekam, penyakit yang bisa ditanggulangi adalah melemahnya bilik jantung sebelah kanan, intoksikasi kronis, dan melimpahnya sel darah merah melebihi dosis normal."

Dan bab terakhir ditutup dengan Hak Paten Internasional bagi Obat Tetes Mata Qur’ani”. Dalam bab ini Internasional mengakui pengobatan tersebut.



ANALISIS 

Ini merupakan buku yang menginspiratif. Dengan adanya buku ini kita jadi mengetahui banyak hal tentang Islam dan pengobatannya. Ternyata Islam khususnya orang timur tidak kalah dengan agama lain atau Negara lain. Bahkan Islam lah yang menjadi pedoman berkembangnnya ilmu dan tekhnologi di Indonesia. Jadi jangan takut untuk berkompetisi. Di balik keistimewaannya buku ini masih memiliki kekurangan. Diantaranya banyak ejaan yang kurang tepat dan kata yang salah. Tapi itu semua dapat tertutupi dengan melihat manfaat yang ditawarkan buku ini untuk kehidupan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management