rihants com blue

Jumat, 24 April 2015

Kajian Materi Studio Perancangan Arsitektur (Stupa) Rumah Ramah Lingkungan

VEGA (VERTICAL GARDEN)

Vertical garden adalah konsep taman tegak, yaitu tanaman dan elemen taman lainnya yang diatur sedemikian rupa dalam sebuah bidang tegak. Vertical Garden juga sering disebut dengan vertical Landscape yang merupakan hasil kreasi inovatif untuk menumbuhkan tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media pertumbuhan, dengan keberhasilan menemukan sistem pertumbuhan tersebut menyebabkan berkurangnya beban yang harus ditopang pada sebuah dinding sehingga memudahkan dalam penataan disain taman vertikal dalam skala dinding yang luas serta jalan keluar bagi pembuatan taman pada lokasi yang terbatas ketersedian lahannya.

Dengan konsep vertical garden, ruang tanam/space bisa jauh lebih besar dibanding dengan taman konvensional, bahkan jumlah tanaman yang dapat ditanam bisa beberapa kali lipat jumlahnya, sehingga dapat menambah ruang hijau secara sangat signifikan. Vertical Garden dapat diaplikasikan di berbagai bangunan (out door maupun indoor), pagar, carport, serta dinding-dinding pembatas lainnya, sehingga terlihat lebih indah dan tidak monoton berupa dinding yang keras, tapi lebih terkesan alami, bahkan dapat menyerupai lukisan yang sangat artistik.




Panel Surya

Panel surya adalah sebuah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya karena daya yang didapat berasal dari Matahari, karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik". Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.

Panas matahari yang dirubah oleh sel silikon ini menghasilkan listrik DC/ Direct current sehingga difungsikan untuk mengisi battery atau accu, kemudian battery atau accu dirubah oleh alat bernama power inverter.


Pada paket listrik tenaga surya terdiri atas


1. Panel surya
2. Battery
3. Solar Charge Controller
4. Power Inverter DC ke AC 



Pengertian Biopori Serta Manfaatnya


Banyak diantara masyarakat yang belum memahami pengertian biopori dan apa manfaatnya. Dengan membaca artikel ini, anda akan mengetahui pengertian biopori dan manfaatnya dan selanjutnya diharapkan anda mempraktekkannya.

Pengertian Biopori adalah lubang atau rongga di dalam atau diatas permukaan tanah yang terbentuk secara alami atau buatan. Secara alami, biopori terbentuk akibat adanya gerakan akar tanaman atau fauna tanah seperti rayap, semut, cacing dan lain-lain. Sedangkan secara buatan, biopori dibuat dengan menggunakan suatu alat dengan kedalaman antara 80 cm - 100 cm dan diameter 10cm - 30 cm.

Selain mengetahui pengertian biopori, anda harus memahami juga maksud dibuatnya lubang tersebut. Maksud dibuatnya lubang biopori adalah untuk menjadi lubang resapan air hujan sehingga air hujan dapat meresap kembali ke dalam tanah. Selain itu dengan adanya biopori maka tanah mampu memperbesar daya tampungnya terhadap air hujan yang masuk ke dalam tanah, mengurangi genangan air di permukaan tanah, dan pada akhirnya mengurangi volume limpahan dan aliran air hujan ke saluran atau sungai.

Tidak sulit jika kita ingin membuat biopori secara buatan. Dapat menggunakan alat biopori yang manual atau mesin. Jika menggunakan alat manual, memang membutuhkan tenaga yang cukup besar, tetapi jika menggunakan mesin maka lubang biopori dapat dikerjakan lebih mudah dan cepat. Setelah lubang terbentuk selanjutnya di dalamnya dapat dimasukkan sampah organic berupa daun-daunan atau sisa makanan.

Secara teknis lubang biopori sebaiknya dibuat dengan kedalaman 80-100 cm dan diameter 10-30 cm. Hal tersebut dimaksudkan agar organisme pengurai atau mikroorganisme dapat bekerja dengan optimal dalam menguraikan sampah organic atau dedauanan tersebut. Akibat dari adanya aktifitas dari organism pengurai tersebut menghasilkan pupuk yang berguna sebagai nutrisi tanaman dan menyuburkan tanah.

Setelah anda mengetahui pengertian biopori dan manfaatnya dan selanjutnya anda membuatnya di halaman atau sekitar rumah, maka apa yang anda lakukan setidaknya merupakan satu upaya mengatasi banjir yang dimulai dari rumah sendiri karena hal tersebut dapat membantu mengurangi aliran air yang mengalir ke jalan-jalan atau gang dan secara tidak langsung dapat mengurangi terjadinya banjir karena volume air hujan berkurang akibat terserap ke dalam tanah melalui lubang biopori tersebut. Selain itu, kualitas dan kesuburan tanah akan menjadi lebih baik serta dapat menjaga ketersediaan air tanah.



GRASS BLOCK


Rumah yang hijau itu segar, tapi tak semua rumah bisa menjadi hijau. Terkadang, ada rumah yang benar-benar beton dan semen semuanya, atau seluruh lantainya sudah dikeramik. Apakah ini penyelesaian terbaik untuk sebuah rumah? Menghilangkan taman dan area resapan air dan menggantinya dengan sesuatu yang keras dan kurang manusiawi seperti beton. Mungkin betul, keluarga membutuhkan carport, perkerasan untuk menjemur pakaian di belakang rumah, dan sebagainya. Sebetulnya, kita tidak harus menutup semuanya dengan beton atau semen.

Cara yang bagus untuk punya perkerasan sekaligus taman adalah dengan menggunakan blok rumput atau grass block. Terdapat jenis grass block yang memang bentuknya khusus dengan rongga didalamnya sehingga rumput masih bisa tumbuh, atau jenis paving blok biasa yang dibuat menjadi grass block dengan cara mengaturnya secara berselang-seling.

Kegunaannya, adalah pada area yang membutuhkan perkerasan seperti carport, tempat jemuran di belakang, selasar samping rumah, dan area lainnya. Disamping secara visual lebih bagus terlihat, menggunakan grass block juga mengurangi area yang ditutup oleh bangunan, sehingga lebih hijau. 

Dalam hal ini ada keuntungan yang bisa didapatkan:

1. Rumah menjadi lebih sejuk dengan adanya rumput, karena rumput menyerap sebagian besar sinar 
    ultraviolet, menyerap panas sehingga tidak memantul pada bangunan, dan menghasilkan oksigen 
    tambahan. 
2. Area grass block menjadi area penyerapan air disekitar rumah, sehingga mengurangi air yang 
    tergenang atau langsung dibuang ke saluran riol kota. Karena itu bisa mengurangi banjir dari area 
    rumah kita. 
3. Grass block menjadi elemen dekoratif untuk lahan disekitar rumah, pola yang dibentuk cukup 
    menarik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih indah di area rumah kita daripada keramik 
    atau perkerasan dari semen. 
4. Bila suatu saat ingin dirubah fungsinya menjadi taman kembali atau fungsi yang lain, tidak perlu 
    merombak atau membobol perkerasan, cukup dicongkel saja dari tanah 




CROSS VENTILATION


Ventilasi silang atau cross ventilation adalah dua bukaan berupa jendela atau pintu yang letaknya saling berhadapan di dalam satu ruangan. Ventilasi ini bekerja dengan memanfaatkan perbedaan zona bertekanan tinggi dan rendah yang tercipta oleh udara. Perbedaan tekanan pada kedua sisi bangunan akan menarik udara segar memasuki bangunan dari satu sisi dan mendorong udara pengap keluar ruangan 

Ventilasi silang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan serta mendukung gaya hidup produktif dan sehat. Dengan penggunaan ventilasi silang, pemilik rumah dapat menghemat biaya pemakaian AC karena selalu diliputi hawa sejuk.

Selain itu, ventilasi silang juga dapat mendorong zat-zat kimia yang menumpuk di dalam rumah dan mengurangi kelembaban yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Karena aplikasi ventilasi silang yang ideal membutuhkan analisis tentang zona udara di sebuah rumah, pemilik sebaiknya memperhitungkan jalur angin yang melewati rumahnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management